Definisi Komputer
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Charles Babbage adalah seorang ahli matematika bangsa inggris. Beliau menciptakan suatu mesin hitung yang disebut difference engine pada tahun 1822. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematika. pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine yang dinamakan analytical engine yang dapat melaksanakan kalkulasi apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai General Purpose Digital Computer. Beliaupun dianggap sebagai bapak komputer modern karena sumbangan terhadap dunia sangat besar.
Pada tahun 1937, Prof Howard Aikem, seorang ahli matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang penbuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem bekerjasama dengan perusahaan IBM menyelesaikan kompute secara elektronik yang diberi nama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC). Dalam perkembangannya komputer dibagi dalam beberapa genarasi, sesuai dengan kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaan yan mudah (user frendly).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Sistem Komputer
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Perkembangan Komputer :

Generasi 1 : pada tahun 1946-1956, generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa(vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya. Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual.

Generasi 2 : pada tahun 1957-1963. Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.

Generasi 3 : pada tahun 1964-1975. Itergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Generasi ini pula yang memperkenalkan tekhnologi software yang mudah digunakan.

Generasi 4 : pada tahun 1980-sekarang. Komputer telah menggunakan teknologi”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik.


Microsoft Kenalkan 4 Hardware terbaru

Microsoft Explorer Mini Mouse (kiri) dan Microsoft Arc Mouse (kanan).
Microsoft memperkenalkan empat hardware terbaru untuk pasar Indonesia. Salah satunya, mouse yang mampu digunakan pada hampir semua permukaan, bahkan di atas kaca.
Perangkat bernama Microsoft Explorer Mini Mouse ini dipersenjatai dengan teknologi Blue Track. Teknologi yang memungkinkan mouse ini dapat digunakan pada hampir semua permukaan, bahkan di atas permukaan kaca atau keramik sekalipun.
Kemampuan Mini Mouse itu didemonstrasikan Microsoft dalam acara di FX LifeStyle, Senayan, Jakarta, Selasa (2/12/2008).
Selain itu Microsoft juga mengenalkan Arc Mouse, mouse dengan desain unik seperti bulan sabit. Selain bentuknya yang unik, ukurannya bisa diringkas sampai dengan 60% dari ukuran semula sehingga memudahkan untuk dibawa-bawa.
Produk lain yang diperkenalkan adalah LifeCam Show yang diklaim Microsoft sebagai webcam tercanggih yang ada di pasaran saat ini. LifeCam mampu membidik sampai 7 megapixel untuk still image dan 2 megapixel untuk video.
LifeCam dari Microsoft dilengkapi dengan bundle software efek video yang cukup menyenangkan. Melalui software tersebut, tampilan pengguna webcam bisa diotak-atik, misalnya ukuran hidung menjadi besar layaknya karakter kartun.
Dan untuk para gamer Microsoft menawarkan produk Mouse SideWinder X5 Microsoft dan Keyboard Sidewinder X6. Produk ini dirancang khusus untuk kalangan gamer, contohnya Mouse SideWinder X5 Microsoft mempunyai fitur pengaturan resolusi (dpi) sehingga pengguna menyesuaikan sensitivitas mouse sesuai seleranya.
Untuk produk Microsoft Hardware di Indonesia didistribusikan secara resmi oleh PT Astrindo Starvision. Baik Microsoft maupun Astrindo mengaku optimistis jajaran produk terbaru ini akan mendapatkan tempat di kalangan pengguna notebook dan gamer. "Pasti akan memberikan manfaat bagi pengguna, karena mereka akan memiliki lebih banyak pilihan," ujar Kie Emily, Direktur PT Astrindo Starvision. (kilasberita.com/dms/dtc)
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Charles Babbage adalah seorang ahli matematika bangsa inggris. Beliau menciptakan suatu mesin hitung yang disebut difference engine pada tahun 1822. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematika. pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine yang dinamakan analytical engine yang dapat melaksanakan kalkulasi apa saja. Sehingga mesin ini dikenal sebagai General Purpose Digital Computer. Beliaupun dianggap sebagai bapak komputer modern karena sumbangan terhadap dunia sangat besar.
Pada tahun 1937, Prof Howard Aikem, seorang ahli matematika dari universitas Harvard. Beliau merancang penbuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Pada tahun 1944, Prof Howard Aikem bekerjasama dengan perusahaan IBM menyelesaikan kompute secara elektronik yang diberi nama”Harvard MARK I, Automatic Sequence Controlle Calculator (ASCC). Dalam perkembangannya komputer dibagi dalam beberapa genarasi, sesuai dengan kemampuan (capability), biaya (efficiency), dan penggunaan yan mudah (user frendly).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Sistem Komputer
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Perkembangan Komputer :
Generasi 1 : pada tahun 1946-1956, generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa(vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya. Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual.
Generasi 2 : pada tahun 1957-1963. Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.
Generasi 3 : pada tahun 1964-1975. Itergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Generasi ini pula yang memperkenalkan tekhnologi software yang mudah digunakan.
Generasi 4 : pada tahun 1980-sekarang. Komputer telah menggunakan teknologi”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik.
Microsoft Kenalkan 4 Hardware terbaru
Microsoft Explorer Mini Mouse (kiri) dan Microsoft Arc Mouse (kanan).
Microsoft memperkenalkan empat hardware terbaru untuk pasar Indonesia. Salah satunya, mouse yang mampu digunakan pada hampir semua permukaan, bahkan di atas kaca.
Perangkat bernama Microsoft Explorer Mini Mouse ini dipersenjatai dengan teknologi Blue Track. Teknologi yang memungkinkan mouse ini dapat digunakan pada hampir semua permukaan, bahkan di atas permukaan kaca atau keramik sekalipun.
Kemampuan Mini Mouse itu didemonstrasikan Microsoft dalam acara di FX LifeStyle, Senayan, Jakarta, Selasa (2/12/2008).
Selain itu Microsoft juga mengenalkan Arc Mouse, mouse dengan desain unik seperti bulan sabit. Selain bentuknya yang unik, ukurannya bisa diringkas sampai dengan 60% dari ukuran semula sehingga memudahkan untuk dibawa-bawa.
Produk lain yang diperkenalkan adalah LifeCam Show yang diklaim Microsoft sebagai webcam tercanggih yang ada di pasaran saat ini. LifeCam mampu membidik sampai 7 megapixel untuk still image dan 2 megapixel untuk video.
LifeCam dari Microsoft dilengkapi dengan bundle software efek video yang cukup menyenangkan. Melalui software tersebut, tampilan pengguna webcam bisa diotak-atik, misalnya ukuran hidung menjadi besar layaknya karakter kartun.
Dan untuk para gamer Microsoft menawarkan produk Mouse SideWinder X5 Microsoft dan Keyboard Sidewinder X6. Produk ini dirancang khusus untuk kalangan gamer, contohnya Mouse SideWinder X5 Microsoft mempunyai fitur pengaturan resolusi (dpi) sehingga pengguna menyesuaikan sensitivitas mouse sesuai seleranya.
Untuk produk Microsoft Hardware di Indonesia didistribusikan secara resmi oleh PT Astrindo Starvision. Baik Microsoft maupun Astrindo mengaku optimistis jajaran produk terbaru ini akan mendapatkan tempat di kalangan pengguna notebook dan gamer. "Pasti akan memberikan manfaat bagi pengguna, karena mereka akan memiliki lebih banyak pilihan," ujar Kie Emily, Direktur PT Astrindo Starvision. (kilasberita.com/dms/dtc)
Corsair Perkenalkan Hardware Terbaru di CES 2013
Corsair
memanfaatkan ajang eksebisi consumer electronics terbesar CES 2013 untuk
memantapkan eksistensinya sebagai produsen komponen PC kelas premium dengan
meluncurkan beberapa produk terbarunya. Tercatat beberapa produk gaming gears
dan storage tampil di booth Corsair kali ini.
Vengeance K95 Mechanical Gaming
Keyboard
Produk ini merupakan penerus
Vengeance K90 yang terbilang sukses dipasaran. K95 telah menggunakan Cherry MX
Red key mechanical switch pada setiap tombolnya termasuk pada tombol function
dan macro. Setiap tombol memiliki backlit individual yang bisa diatur secara
independen dengan backlighting yang bisa diatur sampai 4 level. K95 memiliki 18
tombol khusus macro yang dapat diprogram baik melalui software maupun secara
on-the-fly.
Vengeance M95 dan M65 Gaming Mice
Dirancang untuk gamer yang serius,
Vengeance M95 dan M65 dibuat dengan body berangka alumunium dan dilengkapi
Avago Technologies ADNS-9800 LaserStream gaming sensor. Sensor 8200 DPI memberikan
peningkatan 30% pada tracking resolution dibanding generasi sebelumnya sehingga
memberikan kecepatan dan presisi yang lebih baik saat bergerak, melihat dan
mengincar sasaran.
Vengeance M95 dioptimalkan untuk
gamer MMO. Ia memiliki 15 tombol yang dapat diprogram dan secara khusus
ditempatkan untuk mendukung operasi yang intuitif serta memiliki memori flash
on-board untuk menyimpan macro hingga 6 profile. M95 tersedia dalam dua warna,
Arctic White dan Gunmetal Black.
M65 secara khusus dirancang untuk
penggemar game FPS. Sebuat tombol sniper yang inovatif memungkinkan perubahan
instan dari mode high DPI resolution ke mode high precision untuk incaran yang
lebih akurat. M65 memiliki fitur pengaturan titik berat agar gamer dapat
menyesuaikan sesuai kebutuhan. M65 tersedia dalam warna Military Green,Arctic
White dan Gunmetal Black.
Vengeance MM600 Dual-sided Gaming
Mat
MM600 merupakan mouse mat dengan dua
sisi permukaan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Terbuat dari
aircraft-grade alumunium setebal 3mm, masing-masing sisi terbuat dari polymer
berkualitas tinggi yang dirancang untuk memiliki karakteristik luncuran yang
berbeda. Sisi bertekstur halus dirancang untuk memberikan luncuran kecepatan
tinggi, sementara sisi bertekstur lebih kasar dirancang untuk memberikan
kontrol yang maksimal. Kedua material dari permukaan memiliki karakteristik
yang cocok untuk sensor presisi tinggi seperti pada laser gaming mouse Corsair.
Voyager Air
Voyager Air adalah sebuah solusi
all-in-one yaitu mobile wireless drive, media penyimpan jaringan, USB drive dan
wireless hub. Dengan kapasitas hingga 1TB, baterai yang dapat diisi ulang,
Wi-Fi, Ethernet dan konektivitas USB 3.0, Voyager Air memungkinkan enthusiast
media digital untuk menyimpan koleksi film atau dokumen lainnya untuk
dibagi-pakai dengan jaringan di rumah atau saat bepergian. Media tersimpan
dapat diakses secara langsung dari PC ataupun Mac atau dengan aplikasi gratis
yang kompatibel dengan Android, iPad, iPhone dan iPod. Voyager Air dapat dengan
cepat dihubungkan dengan jaringan rumah untuk kemudahan akses bagi peralatan
yang network-enabled seperti smart TV, Blu-ray players, console game, DVR dan
media box. Tersedia dalam kapasitas 500GB dan 1TB, Voyager Air memungkinkan
penyimpanan hihgga 800 film berkualitas HD atau 380.000 file MP3.
Voyager GT Turbo
Voyager GT Turbo merupakan flash
disk native USB 3.0 tercepat saat ini. Tersedia dalam kapasitas 128GB, 64GB dan
32GB, Voyager GT Turbo terbungkus housing metal yang licin dan kuat. Kecepatan
baca 260 MB/s dan tulis 235 MB/s adalah 1.7x lebih cepat dari kebanyakan flash
drive USB 3.0 saat ini. Flash drive ini kompatibel dengan USB 3.0 dan USB
2.0 serta dapat bekerja dibawah sistem operasi Windows, Mac maupun Linux tanpa
perlu software apapun.
Dominator Platinum Light Bar Upgrade
Kits
Dominator Platinum Light Bar Ugrade
kit merupakan paket upgrade light bar yang terdapat pada memori khusus gamer
dan enthusiast, Corsair Dominator Platinum. Paket upgrade ini terdiri dari dua
light bar untuk menggantikan light bar yang telah ada. Tersedia dalam warna
cerulean blue dan arctic white memungkinkan pengguna mengkustomisasi warna
sesuai keinginan. Lightbar ini dirancang dengan bagian atas terbuka untuk bisa
lebih memancarkan cahaya ke atas. Alat bantu instalasi tersedia untuk
mempermudah pemasangan dalam beberapa menit saja.
Corsair Raptor Series Gaming
Keyboard ,Mice and Headsets
Sebagai hasil dari akuisisi Raptor
Gaming di Jerman, lahirlah seri Corsair Raptor sebagai seri gaming peripheral
baru yang berdampingan dengan seri Corsair Vengeance. Kedua lini ini menawarkan
fitur-fitur gaming terkini seperti anti-ghosting keys, replaceable key caps dan
pengaturan sensitifitas secara on-the-fly. Corsair Raptor produk dirancang
dengan material konvensional dengan harga yang lebih terjangkau. Saat ini
Corsair Raptor hanya tersedia di Amerika dan Jerman. Sementara untuk wilayah
lainnya diperikirakan pada semester kedua 2013.
Informasi lebih lanjut bisa
menghubungi contact@digitalpitstop.co.id













0 komentar:
Posting Komentar