Decision
Support Systems
Contoh Sistem
Pendukung Keputusan untuk John Reservoir Day .
Sebuah sistem
pendukung keputusan (DSS) adalah berbasis komputer sistem informasi
yang mendukung bisnis atau organisasi pengambilan keputusan
kegiatan. DSSS melayani manajemen, operasional, dan tingkat perencanaan
organisasi dan membantu untuk membuat keputusan, yang mungkin cepat berubah dan
tidak mudah ditetapkan di muka. Sistem pendukung keputusan dapat berupa sepenuhnya
terkomputerisasi, manusia atau kombinasi keduanya.
DSSS termasuk sistem berbasis pengetahuan
. Sebuah DSS benar dirancang adalah sistem berbasis software interaktif
ditujukan untuk membantu pengambil keputusan kompilasi informasi yang berguna
dari kombinasi data mentah, dokumen, dan pengetahuan pribadi, atau model bisnis
untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Informasi yang
khas aplikasi dukungan keputusan mungkin mengumpulkan dan sekarang meliputi:
- persediaan aset informasi (termasuk legacy dan sumber data relasional, kubus, data gudang , dan data mart ),
- angka penjualan perbandingan antara satu periode dan berikutnya,
- diproyeksikan pendapatan angka berdasarkan asumsi penjualan produk.
Sistem informasi manajemen
Sistem
informasi manajemen (SIM) (bahasa
Inggris: management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari
pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan
manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti
biaya produk, layanan, atau suatu strategi
bisnis. Sistem
informasi manajemen dibedakan dengan sistem
informasi biasa karena
SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada
aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya
digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian
dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem
pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Proses Manajemen
Proses
manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
- Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
- Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
- Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Menurut
Francisco Proses Manajemen adalah suatu proses Penukaran terhadap nilai dan
jasa
Online analytical processing
Online Analytical Processing atau disingkat OLAP adalah sebuah pendekatan
secara cepat menyediakan jawaban-jawaban terhadap kueri analitik yang
multidimensi di dalam alam. OLAP adalah bagian dari kategori yang lebih global
dari pemikiran bisnis, yang juga merangkum hubungan antara pelaporan dan penggalian
data. Aplikasi khusus dari OLAP adalah pelaporan bisnis untuk penjualan,
pemasaran, manajemen pelaporan, manajemen proses bisnis (MPB), penganggaran dan
peramalan, laporan keuangan dan bidang-bidang yang serupa. Istilah OLAP
merupakan perampingan dari istilah lama database OLTP (Online Transaction
Processing).
Database yg
dikonfigurasikan untuk pelayanan OLAP model data multidimensi, bisa digunakan
untuk analisis komplek dan kueri khusus (ad hoc) dengan suatu laju waktu
eksekusi. Mereka meminjam aspek database navigasi dan database hierarki yang
lebih cepat daripada yang sefamilinya.
Nigel Pendse menyarankan suatu alternatif dan
mungkin istilahnya lebih deskriptif yang menjelaskan bahwa konsep OLAP adalah
Analisis Cepat dari Informasi Multidimensi yang dapat di-sharing (FASMI)
Keluaran dari
kueri OLAP ditampilkan secara khusus dalam format matrik atau pivot. Dimensinya
membentuk baris berupa ukuran dan kolom berupa nilai dari matrik.
Desain Konsep
Di dalam inti
sebaran sistem OLAP merupakan konsep dari sebuah kubus OLAP (disebut juga
sebagai kubus multidimesi atau hiperkubus) yang terdiri dari numeric fact
yang disebut ukuran dan dikategorikan sebagai dimensi. Kubus metadata secara
khusus terbuat dari sebuah skema bintang atau skema kristal salju dari tabel di
dalam sebuah database yang berhubungan. Ukuran diturunkan dari rekord dalam fact
table dan dimensi-dimensi yang diturunkan dari tabel-tabel dimensi.
Setiap
pengukuran bisa dijadikan gagasan karena memiliki sebuah himpunan label, atau
meta-data yang dihubungkan dengannya. Sebuah dimensi merupakan apa yang
dijelaskan label-label ini; ia juga menyediakan informasi tentang ukuran.
Contoh
sederhana untuk menjadikan kubus yang berisi penyimpanan sales sebagai ukuran
dan tanggal/jam sebagai sebuah dimensi. Setiap penjualan memiliki label
tanggal/jam yang menjelaskan lebih tentang penjualan itu.
Sebarang jumlah
dimensi dapat ditambahkan ke struktur seperti penyimpanan, kasir, atau
pelanggan dengan menjumlahkan sebuah kolom ke fact table. Bisa pula
analis melihat ukuran sepanjang sebarang kombinasi dari dimensi-dimensi itu.
Contoh:
Fact Table Penjualan
+-----------------------+
| Besar_jual | jam_id |
+-----------------------+ Dimensi Jam
|
2008.08 | 1234 |---+
+----------------------------+
+-----------------------+ |
| jam_id | stempeljam |
| +----------------------------+
+---->| 1234
| 20080902 12:35:43|
+----------------------------+
Aggregation
Aggregation atau Agregasi
menurut istilah komputer adalah suatu teknik komposisi untuk
mengimplementasikan objek dari suatu komponen, melalui objek baru yang dapat
dibangun dengan satu atau beberapa yang sudah ada, yang mendukung pengolahan
suatu interface.
Telah
dinyatakan bahwa untuk kueri komplek kubus OLAP bisa menghasilkan sebuah
jawaban sekitar 0.1% dari waktu untuk kueri yang sama pada data OLTP yang
berhubungan. Mekanisme tunggal paling penting dalam OLAP yang bisa mencapai
kinerja yang sedemikian merupakan penggunaan dari agregasi. Agregasi-agregasi
dibangun dari fact table dengan mengubah granularitas pada dimensi
khusus dan mengumpulkan lagi data sepanjang dimensi-dimensi tersebut. Jumlah
agregasi yang mungkin ditentukan oleh setiap kombinasi yang mungkin dari
dimensi granularitas.
Neural network
Neural Network istilah tradisional digunakan untuk merujuk ke jaringan
atau sirkuit neuron biologis . Penggunaan istilah modern sering merujuk pada jaringan syaraf tiruan , yang terdiri dari neuron buatan atau node. Jadi istilah ini mungkin merujuk pada jaringan
saraf biologis , terdiri dari neuron biologi yang
nyata, atau jaringan syaraf tiruan, untuk memecahkan masalah kecerdasan buatan.
Berbeda von Neumann Model perhitungan, jaringan saraf tiruan tidak memori dan
pengolahan terpisah dan beroperasi melalui aliran sinyal melalui koneksi
internet, agak mirip dengan jaringan biologis.
Virtual Reality
Seorang prajurit AL USA sendang menggunakan sebuah pelatih parasut VR.
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat
berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated
environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar
suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas
maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang
ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik,
tapi beberapa simulasi
mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Beberapa sistem haptic canggih
sekarang meliputi informasi sentuh, biasanya dikenal sebagai umpan balik kekuatan
pada aplikasi berjudi dan medis. Para pemakai dapat saling berhubungan dengan
suatu lingkungan sebetulnya atau sebuah artifak maya baik melalui
penggunaan alat masukan baku seperti a papan ketik
dan tetikus, atau melalui
alat multimodal seperti a sarung tangan terkabel,
Polhemus boom arm, dan ban jalan segala arah.
Lingkungan yang ditirukan dapat menjadi mirip dengan dunia nyata, sebagai
contoh, simulasi untuk pilot atau pelatihan pertempuran, atau dapat sangat
berbeda dengan kenyataan, seperti di VR game. Dalam praktik, sekarang ini
sangat sukar untuk menciptakan pengalaman Realitas maya dengan kejernihan tinggi,
karena keterbatasan teknis atas daya proses, resolusi citra dan lebar
pita komunikasi. Bagaimanapun, pembatasan itu diharapkan untuk secepatnya
diatasai dengan berkembangnya pengolah, pencitraan dan teknologi komunikasi
data yang menjadi lebih hemat biaya dan lebih kuat dari waktu ke waktu.
PERBEDAAN PEMASARAN DAN PENJUALAN
Konsep Penjualan menfokuskan pada kebutuhan penjual. Karena
itu penjualan sibuk dengan kebutuhan penjual
untuk mengubah produk/jasanya menjadi cash
atau uang kontan.Konsep Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya
Pemasaran adalah fungsi bisnis yang mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan yang belum terpenuhi, mendefinisikan dan mengukur besarnya, menentukan pasar sasaran mana yang paling baik yang dapat dilayani, menentukan produk/jasa dan program – program yang sesuai untuk melayani pasar (Kotler, 2003).
Perubahan pemasaran dari orientasi produk ke pola pemasaran yang berorientasi pasar dewasa ini menjadikan persaingan semakin kompetitif. Oleh karenanya untuk berhasil sesuatu perusahaan didalam persaingan disyarakatkan harus menciptakan nilai tambah bagi para konsumen serta memperhatikan kebutuhan dan ekspektasi mereka (Band, 1991).
Sumber : http://lintongnababan.wordpress.com/2008/07/29/perbedaan-konsep-penjualan-dengan-pemasaran/
PEMASARAN = MARKETING PENJUALAN = SALES
Kedua hal diatas adalah beda dari segi apapun. Yang terjadi salah persepsi karena kedua hal tersebut sering digabungkan menjadi satu Departemen / Ruang Lingkup. Persamaannya adalah sama-sama jenis pekerjaan. Contoh gampangnya
HITAM PUTIH-nya persoalan = Dua hal yang berbeda dijadikan satu menghasilkan persepsi satu hal.Persamaannya adalah sama-sama sebagai warna selebihnya bertolak belakang.
MARKETING = adalah strategy-strategy yang digunakan untuk menghasilkan suatu penjualan. TINDAKANNYA biasa menyangkut 4P( Product,Price,Place,PROMOTION)
SALES = Upaya upaya yang dilakukan untuk meraih pesanan pembelian TINDAKANNYA = Melakukan kontak dengan calon pembeli, Menyampaikan pesan penjualan ( Diantaranya product knowledge ) dan meraih penjualan ( Close the sales ).
Sumber : http://tanyasaja.detik.com/pertanyaan/3352-pemasaran-dan-penjualan-
Penjualan
- tekanan pada produk
- perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya.
- manajemen berorientasi ke volume penjualan.
- perencanaan berorientasi
- tekanan pada keinginan konsumen
- perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu.
- manajemen berorientasi ke laba usaha.
- perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok, dan pertumbuhan yang akan datang.
0 komentar:
Posting Komentar